Tentang Kami

MaknaKata awalnya merupakan keisengan kami bertiga (Nunuz, Puji, dan Ipin) untuk mengumpulkan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Pada 17 Mei 2016,  yang tak lain merupakan Hari Buku Nasional, banyak media sosial mengkampanyekan untuk meningkatkan minat membaca. Terlebih survei UNESCO yang menyatakan hanya satu dari 1000 penduduk Indonesia yang memiliki minat membaca tinggi, menjadi hal yang cukup memperihatinkan. Hingga pada momen tersebut MaknaKata kami ciptakan.

MaknaKata adalah sebuah wadah bagi orang-orang yang memiliki minat membaca dan melisik makna sebuah karya sastra, baik novel, cerpen, maupun puisi. MaknaKata sendiri terbentuk karena kegemaran kami membaca dan tak jarang berdiskusi mengenai buku-buku bagus dan membagi opini masing-masing mengenai karya tersebut.

Tak jarang kami menghabiskan waktu berjam-jam disela kesibukan kami untuk membahas karya sastra dan terkadang hal tersebut menggilas waktu kerja kami. Untuk menghindari mangkir dari jam kerja, mengefisienkan waktu, dan menyeimbangkan hidup kami (para calon saintis) yang ternyata juga menggemari karya sastra, maka kami mencoba mencari alternatif tempat dan waktu khusus untuk kegemaran kami ini.

MaknaKata pada akhirnya kami kukuhkan tak hanya sebagai tempat kami berkumpul, lantas berbagi opini satu sama lain. Namun juga sebagai wadah untuk mengkampanyekan minat membaca, menyalurkan minat dibidang sastra, dan berkreasi dalam bentuk tulisan. Nantinya diharapkan akan melahirkan karya-karya sastra yang indah dan bernilai.

“karena setiap karya pasti bermakna, maka kami mencoba menggali makna dari karya tersebut bersama-sama”

Mari sebarkan virus membaca, Bacalah! dimanapun dan kapanpun. Karena membaca biasanya identik dengan menulis. Yuk kita menulis.

“Menulis adalah sebuah keberanian.”-Pramoedya Ananta Toer

“Menulis adalah bekerja untuk keabadian”-Pramoedya Ananta Toer

Klik link ini untuk bergabung.

Salam,

MaknaKata